Sabtu, 11 Mei 2019

Yubileum-50 Tahun Fakultas Teologi UKSW (23 Maret 2019)


Selamat ulang tahun emas Fakultas Teologi UKSW, Salatiga. Tempatku menempah iman dan ilmu di dalam mempersiapkan diri menjadi seorang Pendeta GKPI.
Fakultas Teologi UKSW merupakan institusi pendidikan teologi yang unik di Indonesia karena memberikan pendekatan sosiologis keagamaan di tengah-tengah fondasi sistematika-dogmatika yang menjadi pilar utama teologi. Ruang untuk membangun pemikiran teologi konstruktif, khususnya dalam wacana kehidupan gerejawi, sangat terbuka bagi mahasiswa yang studi di sana. Gereja-gereja akan banyak merasakan manfaat dari para alumnusnya yang memberi warna tersendiri di pergumulan teologisnya.
Sayang, warga GKPI masih sangat sedikit yang memilih studi di tempat ini, walau Akreditasi dari BAN-PT untuk Strata 1 (S1) Fakultas Teologi memberikan nilai A.
Pemilihan tema dan nas juga sangat menarik bagiku. Daniel 12 ini menggambarkan penglihatan yang dialami Daniel. Kondisi bangsa Israel di dalam fase rumit karena secara politis mereka takluk dari Babel dan hidup di dalam pembuangan. Secara teologis, mereka sedang dihukum oleh Tuhan karena perbuatan yang menyimpang dari hukum-Nya. Penderitaan yang dialami umat Tuhan yang taat di pembuangan, dijelaskan Daniel dalam visinya, sebagai jalan mereka untuk mengalami apa artinya jatuh tapi dibangunkan Tuhan di dalam kekekalan. Sedangkan, mereka yang jahat akan mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal (ay.2). Untuk orang bijaksana dan yang menuntun pada kebenaran akan bercahaya seperti cahaya cakrawala dan bintang yang tetap bersinar selamanya.
Dari nas ini, Fakultas Teologi UKSW Salatiga mendaku bahwa kami ini orang yang menuntun umat pada Kebenaran. Dasar kami menuntun adalah slogan Universitas kami, "Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan" (Ams.1:7a). Jadi, seluruh civitas Fakultas Teologi UKSW memegang prinsip kebenaran di dalam pengabdiannya dan pelayanannya berdasarkan pengetahuan dari takut akan Tuhan.
Oleh karena kesetiaan melayani Tuhan di dalam penggembalaan umat-Nya didasarkan pada kebenaran, para alumni dan mahasiswa Fakultas Teologi sampai pada hari terakhir hidupnya melayani Tuhan dapat mempertanggungjawabkan semuanya dengan berkata, "Di sini kuberkarya, Di sana kubercahaya"
Pdt.Theodorus Sibarani
Alumnus Fakultas Teologi UKSW, Angkatan 2005
Pendeta GKPI Ressort Sumbul, Wilayah IV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar