Senin, 20 Juni 2011

Akibat Terlalu Mendengarkan Kata Orang

Alkisah, seorang kakek beserta cucunya melakukan perjalanan ditemani oleh seekor keledai jantan. Pada saat melintasi suatu kota, orang-orang di situ berkata bahwa mereka termasuk pengembara malas yang hanya duduk di atas keledai. Mendengar hal itu, mereka langsung turun dari keledai dan berjalan menyusuri kota.
Ketika tiba di kota lain, mereka mendengar bahwa orang banyak mengatakan jikalau si anak terlalu tega kepada kakeknya dibiarkan berjalan, sekalipun ada keledai beserta mereka. Lalu, kakek itu pun naik ke atas keledai dan cucunya berjalan di sampingnya menyusuri jalan di sepanjang kota.
Sesampainya di kota berikutnya, mereka mendengar orang-orang berkata bahwa kakek itu terlalu kejam membiarkan cucunya berjalan sedang dia enak-enak di atas keledai. Kakek itu pun turun lalu menaikkan cucunya saja di atas keledai. Kemudian mereka melanjutkan perjalanan melewati kota itu.
Tiba di kota berikutnya, mereka mendengar bahwa mereka terlalu bodoh tidak memanfaatkan jasa keledai, sehingga kakek itu harus berlelah fisik untuk berjalan kaki. Lalu, kakek itu pun naik ke atas keledai bersama cucunya menyusuri jalan kota.
Selanjutnya, mereka tiba di kota lain. Mereka mendengar orang di sekitar mengatakan bahwa mereka sangat tega dan kejam terhadap keledai karena membiarkan keledai lelah mengangkat mereka sepanjang perjalanan. Akhirnya, mereka berdua pun turun lalu menggotong keledai itu dalam perjalanan melewati kota tersebut.
Akhirnya, mereka tiba di kota tujuan. Orang-orang di kota itu yang melihat mereka berdua menggotong keledainya sepanjang perjalanan, mengatakan mereka adalah orang-orang GILA :-)

1 komentar: